Dalam upaya meningkatkan kualitas karya ilmiah civitas akademika, STAI Darunnajah memberikan layanan baru untuk Mahasiswa STAI Darunnajah yaitu layanan cek plagiasi di Perpustakaan STAI Darunnajah, Kamis(9/11).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Plagiarisme adalah perbuatan penjiplakan secara sengaja atau tidak sengaja yang melanggar hak cipta dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.

JENIS-JENIS PLAGIARISME (PLAGIAT)

Banyak sekali jenis-jenis plagiat, menurut webber-wulff (2014) tindakan plagiat terdiri dari :

  1. Copy and paste. Plagiat jenis ini sangat populer dikalangan akademisi. Tindakan ini menyalin seluruh karya orang lain tanpa mengutip dengan teknik pengutipan yang benar
  2. Banyak mahasiswa ketika diberi tugas atau mengerjakan tugas akhir menuliskan hasil penerjemahan bahasa asing ke bahasa Indonesia.
  3. Plagiat terselubung. Jenis plagiat ini dilakukan dengan mengganti kata, frase, atau menghapus sebagian kata tanpa mengubah konstruksi teks aslinya

Mahasiswa dapat datang langsung ke Perpustakaan STAIDA atau dengan mengirimkan soft file karya ilmiah dalam bentuk PDF melalui email [email protected] kemudian konfirmasi ke WhatsApp +6283104652583 apabila sudah mengirim email, pustakawan akan mengirimkan hasil pengecekkan melalui email / WhatsApp pemohon (maksimal 2 hari kerja).

Layanan ini disediakan agar mahasiswa dapat mengecek proposal/skripsi dan mendapat surat keterangan bebas plagiasi sebagai salah satu syarat pendaftaran sidang skripsi.

 

TIPS MENURUNKAN PERSENTASE PLAGIASI 

1 .  Menyertakan sitasi  berupa body note atau foot note
2.  Memparafrase menggunakan bahasa sendiri tanpa mengubah maknanya
3. Menginterpretasikan untuk memperkuat gagasan yang ingin disampaikan
4. Mencatat sumber informasi di Daftar Pustaka

 

 


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog